Minggu, 19 Februari 2012

Berkenan hubunganya dengan hati


Berkenan berhubungan dengan hati

Saudara yang dikasihi Tuhan, bagaimana perkenanan Tuhan itu berkenaan dengan hati, mari kita lihat dua nats sbb:

Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. Tuhan telah memilih seorang yang berkenan dihati-Nya dan Tuhan telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan Tuhan kepadamu (1 Samuel 13:14)
Tetapi berfirmanlah Tuhan kepada Samuel: janganlah pandang parasnya atau perawakannya yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia mlihat apa yang didepan mata, tetapi Tuhan melihat hati. (1 Samuel 16:7)

Dari kedua nats yang baru kita baca ini tersebutlah dua hati yaitu hati Allah dan hati manusia.  Allah didalam hatinya menyimpan hati manusia, dan didalam hati manusiapun menyimpan hati Allah yang artinya didalam hati Allah ada hati manusia, sebaliknya didalam hati manusa pun ada hatinya Allah.   Lalu  mengapa bisa demikinan  ? kitab Amsal katakan jagalah hati karena dari hati lah terpancar kehidupan, itu berarti hati sangatlah penting karena disitulah pusat kehidupan.
Saudara yang dikasihi, oleh sebab itu pada kali ini kita akan sharingkan hati yang bagaimana yang berhubungan dengan perkenanan yaitu kwalitas hati yang bagaimana yang Tuhan berkenan disimpan dihati-Nya.  Ada lima kwalitas hati yang tuhan kehendaki bagi hidup kita :

1.     Hati yang diucapkan Tuhan Yesus sendiri didalam kotbah  sepuluh ucapan bahagaia yakni kotbah di bukit .

Berbahagilah orang yang murah hatinya karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah (Mat 5:7-8)

Dari dua nats yang baru kita baca, dua kwalitas hati yaitu murah hati dan suci hati inilah yang Tuhan Yesus kehendaki bagi kita sehingga kalau kita memiliki kedua jenis hati tersebut, Tuhan Yesus yang sendiri menyatakan kita adalah orang yang bahagia, bukankah kebahagiaan yang dicari semua manusia yang hidup ? 
  Selama Tiga setengah tahun pelayanan Tuhan Yesus selaku bumi ini, Tuhan Yesus sudah bermurah hati dengan melakukan pengajaran, penyembuhan, memberi makan bahkan mengampuni orang yang menyalibkan-Nya dan kita harus belajar seperti yang Tuhan Yesus lakukan. Gereja kita melakukan memberi makan jemaatnya setiap minggu, makanya gereja kita mendapat kemurahan. Tanah PICC yang gembala rayon kita katakan seharusnya selesai pelunasannya delapan tahun, tetapi karena kemurahan hati dapat selesai dalam delapan bulan, suatu kemurahan yang Tuhan berikan kepada kita.  
Hati yang kedua yang Tuhan Yesus kehendaki didalam kotbah-Nya di bukit yaitu hati yang suci, dikatakan lebih lanjut karena dengan kesucian hatilah kita bisa melihat Allah.  Kitab Mazmur katakan : terhadap orang suci, Engkau berlaku suci (Mazmur 18: 27)

2.     Hati yang Murni.

Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan dan yang tidak bersumpah palsu (Mazmur 24:4)

Jenis hati yang kedua yang berberhubungan dengan perkenanan Tuhan yaitu hati  yang murni.  Murni disini berarti tidak menipu dan tidak berjanji palsu. Biarlah kita memiliki hati yang murni yang dalam artian hati yang tulus, jujur, ya katakan ya, kita lakukan, tidak kita katakan tidak, supaya kita dinilai orang yang tepat janji. Tidak berjanji melulu tapi tidak ditepati.

3.     Hati yang kuat

Kuatkanlah hatimu sekarang dan jadilah orang-orang yang gagah perkasa, sekalipun tuanmu saul sudah mati dan aku telah diurapi oleh kaum yehuda menjadi raja atas mereka (2 Samuel 2:7)

Daud setelah diurapi menjadi raja oleh kaum Yehuda, langsung berpesan kepada rakyatnya untuk  memiliki hati yang  kuat supaya menjadi orang yang gagah perkasa.  Allah berulang-ulang kali mengingatkan  Yosua dengan mengatakan  kuatkanlah dan teguhkan hatimu. Itu berati Allah menghendaki hati yang kuat dan teguh.  

Injil Markus 4:1-20, pringkopnya perumpamaan tentang seorang penabur menceritakan tanah tempat menabur, tanah disini mengambarkan hati. Dikatakan ada beberapa jenis tanah yaitu :

Tanah di pinggir jalan, mengambarkan hati yang tidak ada dasarnya sama sekali, sehingga ketika firman Tuhan itu disampaikan tidak diterima sama sekali karena memang tidak punya dasar, masuk telinga kanan keluar telinga kiri dan sebaliknya masuk telinga kiri keluar telinga kanan, numpang lewat saja.

Tanah yang berbatu, tanah yang tipis, mengambarkan hati yang keras, yang dasar yang  sedikit, tanahnya tipis, sehingga tidak bisa berakar, ketika mendapat tantangan  maka firman Tuhan yag diterima tidak bisa menjadi kekuatan dalam artian menjadi layu dan kering.

Tanah yang ada semak durinya, mengambarkan hati yang bercampur, setengah menyembah Allah, setengah menyembah allah. Ketika lebih condong kepada allah huruf kecil melebihi Allah yang sesungguhnya maka biarpun kelihatannya tumbuh tetapi tidak bisa berbuah bahkan ketika hal-hal duniawi menghimpitnya orang yang setengah-setengah ini, hatinya bisa mati. Firman Tuhan  katakan janganlah  mendua hati.  

Tanah yang baik, ia tumbuh subur dan berbuah, ini mengambarkan hati yang kuat, hati yang berbuah 30 kali lipat, 60 kali lipat bahkan 100 kali lipat, ini hati yang berhubungan dengan perkenanan Tuhan. Milikilah hati yang kuat  sehingga bisa menjadi berkat bagi banyak orang. 

4.     Hati yang tertuju kepada Tuhan 

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh Israel demikian: “ Jika kamu berbalik kepada Tuhan denag segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tenga-tengahmu dan tujukan hatimu kepada Tuhan dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin (1 Samuel 7:3)

Ada dua pesan nabi Samuel kepada bangsa Israel yaitu berbalik kepada Tuhan dan menjauh dari allah asing dan asytoret. (asytoret adalah dewi kesuburan).  Pesan ini juga berlaku bagi kehidupan kita sekarang ini, kalau jaman itu allah asing dan asytoret benar dalam bentuk fisik penyembahan tetapi jaman sekarang bisa dalam bentuk yang bukan fisik, suatu kekuatan yang menghalangi kita beribadah kepada Allah, tetapi biarlah hati kita hanya tertuju kepada Tuhan saja. 

5.     Hati yang bersyukur  

Bersyukurlah kepada Allah segala allah! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Bersyukurlah kepada Tuhan segala tuhan bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya (mazmur 136:2-3)

Allah segala allah, Tuhan segala tuhan, artinya Allah dan Tuhan kita adalah Allah dan Tuhan diatas semua allah dan tuhan yang ada. Karena kasih setianya selama-lamanya bagi kehidupan kita. 

Ucapan syukur bisa melalui doa, bisa melalui pujian dan juga bisa melalui penyembahan kita. Bersyukurlah kepada Tuhan sebab Ia baik. Milikilah hati yang bisa bersyukur karena didalam ucapn syukur ada kekuatan.

Kiranya lima jenis hati yang kita pelajari ini kita usahakan untuk memilikinya, untuk itu biarlah kekuatan Tuhan menyertai kita sehingga kita mampu untuk meraih kelima kwalitas hati yang Allah kehendaki supaya kita  berkenan dihati-Nya.  Kiranya Tuhan Yesus memberkati kita semua.amin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar